Rabu, 21 Juni 2017

Ritual Pesugihan lewat monyet atau kera (kethek)

Ritual Pesugihan lewat monyet atau kera (kethek)

Di Jawa Timur, ada banyak tempat untuk ritual pesugihan. Salah satunya di daerah Ngujang, Tulungagung. Di tempat ini terkenal dengan pesugihan monyet atau kera, atau dalam Bahasa Jawa biasa disebut ‘kethek’. Ada tata cara khusus untuk menjalani ritual pesugihan ini. Ada perjanjian-perjanjian khusus yang harus dipenuhi sang pemuja sebagai mahar (mas kawin). Di antara syarat yang harus dipenuhi dalam pesugihan ini adalah wajib memberi tumbal kepada mahkluk ghaib yang menguasai makam Ngujang selama si pemuja masih hidup.

Selanjutnya, dari zaman ke zaman, makam Ngujang atau Kethekan, dijadikan tempat mencari pesugihan. Barang siapa yang meminta juru kunci untuk membantu mencari pesugihan, dia (si pemuja) diberi seekor monyet yang dijadikan peliharaan untuk dapat mendatangkan rezeki. Konon kisahnya, di antara monyet yang ada adalah jelmaan dari dua santri yang dahulu enggan untuk ngaji di pesantren, ketika disuruh, mereka malah memanjati pohon.

Mahar Ritual Pesugihan lewat monyet atau kera (kethek) : 23.000.000

Related posts

Description: Ritual Pesugihan lewat monyet atau kera (kethek) Rating: 4.5 Reviewer: kapsul aura ItemReviewed: Ritual Pesugihan lewat monyet atau kera (kethek)
Al
Mbah Qopet Updated at: 02.15.00

0 komentar:

Produk Terlaris